1.000 Atlet dari 40 Negara Sudah Mendaftar PDF Print E-mail
 Dibaca: 636 kali.
Written by Administrator   
Thursday, 20 August 2015 05:03

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BINTAN - Even ketahanan fisik tingkat Internasional bertajuk 'Iron Man Bintan' akan kembali digelar pada 23 Agustus 2015 mendatang oleh Pemerintah Kabupaten Bintan.

Hingga saat ini, sebanyak 1.000 atlet yang berasal dari 40 negara diketahui telah melakukan pendaftaran.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 800 atlet akan turun untuk kategori utama, 100 atlet untuk kategori blitz dan 100 atlet untuk kategori kids atau anak-anak.

Kadisparbud Bintan Luki Zaiman Prawira mengatakan, untuk atlet lokal sendiri yang mengikuti gelaran tersebut sudah mencapai 10 persen.

Ia pun berharap even perdana ini bisa sukses seperti acara-acara sebelumnya. "Setidaknya ini menjadi ajang perdana, walaupun demikian kita berharap bisa sukses seperti acara lain yang kita adakan sebelumnya," sebut Luki, Selasa (18/8/2015) siang.

 

Atlet-atlet Profesional Bakal Meramaikan Iron Man Bintan

Even ketahanan fisik tingkat Internasional bertajuk 'Iron Man Bintan' akan kembali digelar pada 23 Agustus 2015 mendatang oleh Pemerintah Kabupaten Bintan.

Even bergensi tersebut, merupakan kegiatan yang digelar setingkat negara. Namun dalam hal ini, Kabupaten Bintan mampu mengadakanya hanya dalam cakupan Kabupaten.

Untuk Brand Iron Man sendiri, tentunya sudah sangat mendunia. Pada kegiatan sebelumnya Pemkab Bintan hanya meyelenggarakan kegiatan Mettaman.

Penjabat Bupati Bintan, Doli Boniara mengatakan, selama lima tahun terakhir, Kabupaten Bintan sudah sukese menggelar kegiatan Mettaman. Dan sekrang sudah naik level menjadi Iron Man.

"Ini merupakan kegiatan pertama untuk Iron Man. Ini membuktikan pariwisata kita semakin berkembang," kata Doli.

Untuk itu, segala persiapan demi suksesnya penyelenggaraan Iron Man Bintan mulai dilakukan pematangan. Baik dalam hal rapat bersama instansi terkait guna memastikan segala sektor terkait mampu menjalankan tugasnya, hingga kondisi lapangan.

"Semua sektor, baik itu penyelenggara, pemerintah, kepolisian, imigrasi dan instansi terkait sudah siap untuk menyukseskan hajatan besar ini," kata Doli.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bintan, Luki Zaiman Prawira menjelaskan, ajang Iron Man Bintan 70.3 merupakan pergantian nama dari ajang triathlon yang sebelumnya bernama Bintan Mettaman.

Sepintas ini hal sepele. Tapi sebenarnya ada banyak keuntungan yang diperoleh dari pergantian nama ajang yang sudah berlangsung selama satu dekade terakhir ini.

Satu di antara sekian manfaat dari pergantian nama itu adalah citra ajang olahraga manusia super ini di mata triathlete-triathlete kelas dunia.

"Itu tandanya ajang yang kami punya ini sudah berstandar internasional dan sudah pantas disejajarkan dengan ajang Ironman yang ada dunia," kata Luki.

 

Sembilan Titik Jalan akan Diberlakukan Buka Tutup

Pada even ketahanan fisik tingkat Internasional bertajuk 'Iron Man Bintan' yang akan digelar pada 23 Agustus 2015 mendatang oleh Pemerintah Kabupaten Bintan, akan diberlakukan buka tutup jalan.

Setidaknya ada 9 titik ruas jalan di sepanjang ruas jalan di Bintan akan dilakukan sistem buka tutup, pada pelaksanaan Iron Man Bintan.

Seperti ruas jalan yakni Simpang Lagoi, Simpang Ekang, Lintas Barat, Jembatan Busung, Simpang Lobam, Masjid Raya Tanjunguban, Kampung Bugis, Sebong Pereh dan Sungai Kecil.

"Sembilan ruas jalan ini dilakukan buka tutup, artinya tidak ditutup sepenuhnya, jika memungkinkan dan pesepeda sudah melintas, maka akan diberikan masyarakat untuk melintas," sebutnya lagi.

Ia mengatakan, dengan adanya buka tutup jalan tersebut akan terjadi hambatan sedikit terhadap pengendara.

Namun ia meminta masyarakat untuk memakluminya. Untuk waktu buka tutup jalan dilakukan dalam kurun waktu pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB pada 9 ruas jalan tersebut.

 

Sumber : Tribun Batam