Ciptakan Bintan Seperti Bali PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Wednesday, 29 April 2015 06:14

BINTAN

Bintan

(HK) - Kawasan pariwisata di Kabupaten Bintan memang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Keseriusan Pemerintah Daerah (Pemda) Bintan dalam menggesa pembangunan sektor pariwisata di Bintan hingga saat ini terus dilakukan.

Terbukti, dari data kunjungan wisatawan ke Indonesia, Bintan merupakan pintu masuk ketiga terbesar se-Indonesia yang berhasil mendatangkan wisatawan masuk ke Indonesia, setelah Bali dan Jakarta. Layaknya pulau Bali, Pemeri

 

ntah Pusat mulai melirik pulau Bintan untuk dikonsep seperti kawasan wisata di Bali yang sangat mendunia.

Tak tanggung-tanggung, untuk merubah semuanya itu, Pemerintah Pusat akan menyiapkan anggaran hingga Rp1 triliun dari bantuan modal negara, untuk terus mengembangkan sektor pariwisata disalah satu Kabupaten di Provinsi Kepri tersebut.

"Dengan proses pemberian modal negara Rp 1 triliun seperti pengembangan di Bali, kemungkinan besar Bintan dengan potensi pariwisatanya akan dibantu seperti itu," ungkap Ketua Komisi VI DPR RI, Hafizs Tohir saat mengunjungi gedung Bintan Expo Center (BEC), di Kota Tanjungpinang, Selasa (28/4) kemarin.

Tahap awal, lanjut Hafizs, Pemerintah akan mendorong pihak Pemda Bintan untuk lebih cepat menangkap segala peluang akibat melemahnya investasi asing di negara lain. Mengapa demikian, Ia menjelaskan, saat ini dinegara lain seperti Singapura sudah tidak memungkinkan lagi untuk mengembangkan investasinya.

Oleh karena itu, deng

an melihat potensi Bintan pihaknya berencana akan mengambil peluang tersebut meskipun dalam posisi yang sulit. "Kita akan mencoba untuk menangkap peluang-peluang besar itu, untuk itu kita kesini (BEC-red) untuk melihat potensi investasi di Bintan," kata Hafizs.

Apalagi, Pemerintah Pusat saat ini sedang menggalakkan pengembangan di sektor pariwisata, untuk itu hal-hal vertikal yang menghambat pengembangan investasi di sektor pariwisata ditingkat pusat akan segera didesak untuk diselesaikan.

Dari tiga daerah yakni Kepri, Singapura dan Malaysia, dua negara tetangga itu sudah sangat lemah untuk menerima pengembangan investasi dibandingkan Kepri dalam hal ini Bintan. Untuk itu, Pemda Bintan, akan lebih serius untuk mengembangkan beberapa kawasan untuk mendatangkan investor-investor yang akan berinvestasi di Bintan.

Tersiar kabar belakangan ini, akan masuk nilai investasi hingga 500 miliar dollar yang akan masuk ke Bintan. Oleh karena itu, Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengharapkan, agar usulan kawasan Free Trade Zone (FTZ) secara menyeluruh diwilayah Bintan bisa segera diselesaikan. Sehingga, calon-calon investor asing akan lebih mudah untuk masuk ke Bintan.

"Dengan peluang itu, kita harapkan usulan FTZ secara menyeluruh bisa segera diselesaikan oleh pusat. Agar calon investor bisa lebih mudah masuk ke Bintan," ungkap Ansar. (cw95)

 

Sumber : Haluan Kepri

Last Updated on Wednesday, 29 April 2015 06:17  Dibaca: 861 kali.